DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

Pemerintah Kabupaten Mukomuko

Selamat pagi Sahabat Dukcapil Mukomuko,,,

Selamat pagi Sahabat Dukcapil Mukomuko,,,

Selamat pagi Sahabat Dukcapil Mukomuko,,,Ke warung beli sikat gigiSekalian membeli rotiKu ucapkan selamat pagiUntuk Sahabat Dukcapil yang satu hati....Hari ini, Selasa 22 Agustus 2023, Dukcapil melakukan Pelayanan Keliling berlokasi di SMAN 11 Malin DemanBagi ...

Dukung Pemilu 2024, Dukcapil Rekam Data KTP-el Siswa

Dukung Pemilu 2024, Dukcapil Rekam Data KTP-el Siswa

MUKOMUKO RU – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Mukomuko. Mulai merekam data Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) bagi para siswa di sekolah-sekolah yang ada di daerah ini. Hal ini guna mendukung pelaksanaan Pemilu ...

JAM PELAYANAN

JAM PELAYANAN

JAM PELAYANAN  ...

Pelayanan Adminduk jemput bola

Pelayanan Adminduk jemput bola

MUKOMUKO, Dalam rangka mewujudkan program satu data pemerintah pusat, kemarin (17/7) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Mukomuko memberikan pelayanan bidang administrasi kependudukan (Adminduk) bagi kaum difabel dan para lanjut usia (Lansia) di ...

HASIL SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT [SKM] DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MUKOMUKO SE

HASIL SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT [SKM] DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MUKOMUKO SE

TERIMA KASIH ATAS PENILAIAN YANG TELAH ANDA BERIKAN KRITIK, MASUKAN DAN SARAN ANDA SANGAT BERMANFAAT UNTUK DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MUKOMUKO AGAR TERUS MEMPERBAIKI DAN MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN BAGI MASYARAKAT ...

Daftar Aset dan Inventaris 2020

Diperbarui 18 September 2020 10:32 WIB

Inventarisasi berasal dari kata “inventaris” yang memiliki arti daftar barang. Sedangkan pengertian inventarisasi menurut KBBI adalah proses pencatatan atau pendaftaran barang milik perusahaan yang digunakan untuk melaksanakan pekerjaan. Inventarisasi aset merupakan serangkaian proses pendataan, pencatatan, pelaporan hasil pendataan aset, serta mendokumentasikan aset dimana aset tersebut berfungsi sebagai modal, kekayaan, serta alat penunjang aktifitas perusahaan. Inventarisasi aset membutuhkan waktu yang cukup lama jika pencatatan yang dimiliki tidak sesuai dengan keadaan fixed asset dilapangan. Hal ini akan mengakibatkan perusahaan sulit mencocokan data fixed asset dengan keseluruhan aset yang dimiliki perusahaan.

Kegiatan inventarisasi aset merupakan kegiatan yang wajib dilakukan apalagi jika perusahaan ingin mencari investor. Lalu apa saja aset yang perlu diinventarisasi?

Berdasarkan Buku Manajemen Aset Pariwisata (A Gima Sugiama, 2013:24) aset yang perlu diinventarisasi berdasarkan jenisnya adalah sebagai berikut:

  1. Tangible Asset (Aset Berwujud)
    Tangible Asset adalah kekayaan yang dimanifestasikan secara fisik dengan menggunakan panca indera. Contoh:
    a. Tanah atau Lahan
    Lahan adalah tanah yang sudah ada peruntukannya dan biasanya dimiliki serta dimanfaatkan oleh perorangan atau organisasi.
    b. Bangunan
    Bangunan adalah wujud fisik biasanya berupa rumah, gedung atau sarana, prasarana serta infrastruktur.
    c. Peralatan Pabrik/Kantor
    Peralatan adalah barang yang digunakan dan dipakai suatu instansi atau lembaga dalam jangka waktu tertentu.
    d. Persediaan Barang
    Persediaan barang merupakan aktiva perusahaan yang penting baik perusahaan bidangmanufaktur atau perdagangan. Hampir sebagian dana perusahaan tertanam dalam persediaan yaitu untuk mebel dan bahan bangunan lainnya.
  2. Intangible Asset (Aset Tidak Berwujud)
    Intangible asset adalah kekayaan yang manifestasinya tidak mempunyai bentuk fisik namun dapat memberikan manfaat serta memiliki nilai tertentu secara ekonomi. Contoh:
    a. Hak Cipta
    b. Hak Paten
    c. Goodwill
    d. Hak Merek Dagang
    e. Hak Atas Usaha Waralaba

Lalu bagaimana proses inventarisasi aset itu sendiri? Tahapan inventarisasi aset secara garis besar adalah sebagai berikut:

  • Mempersiapkan Data Aset
    Dalam tahap ini, perusahaan harus mengumpulkan data pencatatan aset yang terakhir atau data yang menjadi acuan dalam melakukan inventarisasi aset yang selanjutnya data-data tersebut di kelompokan berdasarkan lokasi.
  • Eksekusi Aset
    Jika tahap persiapan sudah lengkap dan selesai selanjutnya adalah eksekusi aset. Proses ini merupakan kegiatan yang memerlukan waktu yang cuckup lama jika perusahaan memiliki aset yang cukup banyak.
  • Rekonsili Data
    Jika semua aset selesai di inventarisasi, maka anda sudah memiliki update data mengenai aset-aset yang dimiliki perusahaan. Setelah semua tahapan ini beres, perusahaan telah memiliki laporan terkini aset perusahaan

Jika perusahaan melakukan kegiatan inventarisasi aset secara rutin, perusahaan akan memiliki pencatatan data aset yang akurat baik terhadap fisik aset yang dibeli, digunakan, dan lokasi aset-aset tersebut. Manfaat lain yang didapat dari proses inventarisasi aset adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai acuan menghitung kekayaan perusahaan dan penyaluran aset.
  2. Acuan menentukan kondisi barang sebagai dasar penetapan penghapusan atau disposal
  3. Dapat menghemat keuangan perusahaan. karena jika proses inventarisasi dilakukan dengan benar akan menghasilkan data yang akurat dan dapat meminimalisir pembelian aset yang tidak perlu.
  4. Sebagai salah satu proses pengamanan aset.
Aset Gedung dan Bangunan Aset Jalan, Irigasi, dan Jaringan Aset Peralatan dan Mesin Buku Inventarsi Gabungan Buku Inventaris Kartu Inventaris Ruangan

Kepala SKPD

Foto Kepala SKPD

Bupati

EPIN MASYUARDI, SP.

KEPALA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

Pencarian

Temukan Yang Anda Cari

Layanan Online

Bantuan Secara Online

Web Statistik

Jumlah Pengunjung Website

Hari ini :   36  Pengunjung
Bulan ini :   36  Pengunjung
Tahun ini :   41833  Pengunjung
Total :   650451  Pengunjung