DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL

Pemerintah Kabupaten Mukomuko

DUKCAPIL KAB. MUKOMUKO MENYAPA MASYARAKAT

DUKCAPIL KAB. MUKOMUKO MENYAPA MASYARAKAT

"DUKCAPIL MENYAPA MASYARAKAT"Guna meningkatkan kualitas layanan publik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mukomuko akan melaksanakan Zoom Meeting "Dukcapil Menyapa Masyarakat" pada Selasa 06 Oktober 2020 pukul 10.00 WIB.Silakan join meeting dengan menggunakan ID ...

TINGKATKAN PELAYANAN DUKCAPIL KAB. MUKOMUKO TURUN KE LAPANGAN ///TETAP JALANI PROTOKOLER KESEHATAN

TINGKATKAN PELAYANAN DUKCAPIL KAB. MUKOMUKO TURUN KE LAPANGAN ///TETAP JALANI PROTOKOLER KESEHATAN

TINGKATKAN PELAYANAN DINAS DUKCAPIL KAB. MUKOMUKO TURUN KE LAPANGAN ///TETAP JALANI PROTOKOLER KESEHATAN DISDUKCAPIL Kab. Mukomuko - Dalam meningkatkan pelayanan di bidang Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mukomuko, belum lama ini Dinas Dukcapil Kabupaten ...

Tingkatkan Inovasi Pelayanan, Dukcapil Solok Sambangi Dukcapil Mukomuko

Tingkatkan Inovasi Pelayanan, Dukcapil Solok Sambangi Dukcapil Mukomuko

Tingkatkan Inovasi Pelayanan, Dukcapil Solok Sambangi Dukcapil Mukomuko DISDUKCAPIL Mukomuko- Dalam meningkatkan inovasi pelayanan yang semakin baik, kemarin Dukcapil Kabupaten Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat menyambangi Dukcapil Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu. Kegiatan ini bertujuan ...

MONEV KADIS DUKCAPIL PROV. BENGKULU KUNJUNGI DISDUKCAPIL KAB. MUKOMUKO

MONEV KADIS DUKCAPIL PROV. BENGKULU KUNJUNGI DISDUKCAPIL KAB. MUKOMUKO

Kamis, 02 Juli 2020 Pukul 08.30 WIB Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Bengkulu Bapak Muhammad Ikhwan melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap layanan administrasi kependudukan (adminduk) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten ...

PENCETAKAN DOKUMEN ADMINDUK BERDASARKAN PERMENDAGRI NOMOR 109 TAHUN 2019

PENCETAKAN DOKUMEN ADMINDUK BERDASARKAN PERMENDAGRI NOMOR 109 TAHUN 2019

PENCETAKAN DOKUMEN ADMINDUKMulai 01 Juli 2020 berdasarkan PERMENDAGRI Nomor : 109 Tahun 2019, seluruh dokumen ADMINDUK dicetak menggunakan "kertas HVS A4 80 gram berwarna putih", dengan tanda tangan mengguna barcode. Kelebihan dari dokumen ADMINDUK ...

Kartu Identitas Anak (KIA)

Ditulis oleh Administrator, pada 10 Juni 2020 13:47 WIB

Kartu Identitas Anak (KIA) adalah identitas resmi anak yang berusia di bawah 17 tahun dan fungsinya mirip dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dimiliki oleh orang dewasa. KIA ini merupakan produk Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan sudah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak.

Secara fisik, Kartu Identitas Anak berwarna merah muda dan memuat biodata anak, seperti tempat dan tanggal lahir, alamat, serta nama kepala keluarga. Bentuknya pun mirip dengan KTP, hanya saja KIA belum berwujud elektronik.

Mengapa harus membuat Kartu Identitas Anak?

Dalam Permendagri Nomor 2 Tahun 2016, tujuan dibuatnya Kartu Identitas Anak adalah meningkatkan pendataan masyarakat Indonesia, terutama pada anak-anak yang berusia di bawah 17 tahun. Pada implikasinya, KIA juga memiliki manfaat, seperti:

  1. Memastikan anak mendapat perlindungan dan dipenuhi hak konstitusionalnya sebagai warga negara;
  2. Memudahkan anak mendapatkan pelayanan publik, mulai dari bidang kesehatan (saat membuat BPJS), pendidikan (saat mendaftar sekolah), imigrasi (saat membuat paspor), perbankan (saat membuka rekening baru), dan transportasi; 
  3. Mencegah terjadinya perdagangan anak
  4. Sebagai identitas diri jika anak mengalami peristiwa buruk.

Kartu Identitas Anak sering juga disebut KTP anak karena pada dasarnya berfungsi sebagai identitas pengenal diri seperti pada KTP orang dewasa. Bagi orangtua, tidak ada salahnya membuatkan KIA untuk anak Anda, apalagi prosesnya cukup sederhana dan tidak dipungut biaya alias gratis.

Syarat membuat KIA :

Membuat KIA dapat dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten/Kota. Agar Anda tidak perlu bolak-balik karena ketidaklengkapan berkas administrasi, sebaiknya pastikan Anda sudah membawa semua dokumen yang diperlukan.

Kartu Identitas Anak terdiri atas dua jenis, yakni KIA untuk anak di bawah usia 5 tahun dan KIA untuk anak usia 5-17 tahun kurang satu hari. Syarat yang dibutuhkan untuk mengurus KIA ini pun memiliki perbedaan, meski tidak banyak.

Bagi Anda yang ingin membuat KIA untuk anak di bawah usia 5 tahun, berikut syarat membuat KIA yang harus disiapkan:

  1. Akta kelahiran, baik berupa aslinya (untuk ditunjukkan saat mengurus KIA) maupun fotokopi
  2. Kartu keluarga asli orangtua/wali
  3. KTP elektronik asli kedua orangtua/wali.

Sedangkan untuk membuat Kartu Identitas Anak yang berusia 5-17 tahun kurang satu hari, berkas syarat membuat KIA yang harus Anda siapkan adalah:

  1. Foto anak yang berwarna, berukuran 2x3 sebanyak dua lembar
  2. Akta kelahiran, baik berupa aslinya (untuk ditunjukkan saat mengurus KIA) maupun fotokopi
  3. Kartu keluarga asli orangtua/wali
  4. KTP elektronik asli kedua orangtua/wali.

Persyaratan tersebut juga berlaku untuk anak yang sudah berkewarganegaraan Indonesia (WNI) dan baru datang dari luar negeri. Hanya saja, mereka juga harus menambahkan surat keterangan datang dari luar negeri yang diterbitkan oleh dinas terkait.

Pada anak yang merupakan warga negara asing (WNA), persyaratan tersebut juga berlaku sama. Hanya saja, anak WNA harus melampirkan fotokopi paspor dan izin tinggal tetap ketika mengurus KIA.

Masa berlaku Kartu Identitas Anak untuk anak kurang dari 5 tahun adalah sampai ia berusia 5 tahun. Setelah itu, anak harus membuat KIA baru kategori 5-17 tahun kurang satu hari (ada foto).

Sedangkan untuk KIA untuk usia di atas 5 tahun, masa berlakunya hanya sampai usia 17 tahun kurang satu hari. Setelah itu, anak harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik yang berlaku seumur hidup.

Bagi anak WNA, KIA memiliki masa waktu sama dengan izin tinggal tetap orangtuanya. Jika hilang, Anda bisa mengurus KIA kembali di kelurahan atau kantor Dukcapil dengan kembali membawa berkas administrasi di atas beserta surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

Kepala SKPD

Foto Kepala SKPD

Bupati

EVI BUSMANJA, M.Si

PLT KEPALA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL

Pencarian

Temukan Yang Anda Cari

Layanan Online

Bantuan Secara Online

Web Statistik

Jumlah Pengunjung Website

Hari ini :   182  Pengunjung
Bulan ini :   1533  Pengunjung
Tahun ini :   99504  Pengunjung
Total :   227185  Pengunjung